Kamis, 22 Maret 2012

Tahukah Anda: Sejarah Bluetooth

Dapstechno - Siapa yang tak kenal dengan Bluetooth, karena hampir semua ponsel keluaran sekarang sudah ada perangkat Bluetooth yang dapat digunakan untuk saling bertukar file berupa musik, gambar maupun video serta file lainnya. Tapi dari manakah asal muasal penamaan Bluetooth? Apakah Bluetooth adalah nama si penemu perangkat satu ini? Inilah sejarah Bluetooth.

Bluetooth

Bluetooth, ya Bluetooth merupakan salah satu fitur di handphone maupun gadget lainnya yang memudahkan kita saling bertukar file antara satu perangkat dengan perangkat lainnya dengan mudah dan tanpa menggunakan perangkat tambahan seperti komputer. Tapi tahukah anda dari mana nama Bluetooth berasal? Bluetooth sendiri diadopsi dari nama seorang raja dari Denmark yang bertahta pada abad ke 10 M yaitu raja Harald "Bluetooth" Blatand. Karena kepiawaiannya dalam mendamaikan pihak-pihak yang berseteru dan raja yang pandai berdiplomasi untuk menyatukan pihak-pihak yang berseteru tersebut.

Karena sejarah sang raja inilah yang gemar menyatukan berbagai pihak menjadikan nama sang raja menjadi sebuah nama teknologi nirkabel ini yang sifatnya sama dengan sang raja seperti yang sekarang kita kenal dengan Bluetooth. Sebenarnya Bluetooth sendiri pertama kali dikembangkan oleh perusahaan Ericsson, baru kemudian Bluetooth diresmikan pada 20 mei 1999 oleh Special Interest Group (SIG) yang didirikan oleh perusahaan seperti sony ericsson, IBM, Intel, Toshiba dan Nokia.

Pada awalnya Bluetooth merupakan spesifikasi industri untuk jaringan wilayah pribadi nirkabel (WPAN). Bluetooth memfasilitasi koneksi dan pertukaran informasi diantara alat-alat seperti PDA, ponsel, komputer laptop, printer, dan kamera digital melalui frekuensi radio jarak dekat. Kini Bluetooth merupakan kata yang tidak asing lagi untuk mentransfer berbagai file dari berbagai gadget seperti Ponsel yang tak lain fungsinya menyerupai seorang raja Harald "Bluetooth" Blatand.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar