Jumat, 23 Maret 2012

Tahukah Anda: Sejarah Bug komputer

Dapstechno - Rentetan panjang sejarah komputer dari mulai komputer yang ukurannya sangat besar sebesar ukuran beberapa lemari hingga ukuran komputer yang kita kenal sekarang ini. Menghasilkan berbagai sejarah istilah komputer yang kini digunakan dalam dunia komputer. Ada satu istilah komputer yang kita kenal sekarang untuk mengistilahkan sesuatu yang tidak berjalan dengan baik, cacat, tidak berfungsi pada suatu perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware) yaitu "BUG". Walau istilah "BUG" sekarang ini lebih lekat dengan perangkat lunak. Tapi dari manakah istilah "BUG" berasal?

Ilustrasi Bug Komputer

Dalam bahasa Indonesia, "BUG" sendiri diartikan dengan serangga atau kutu. Sama halnya dengan sejarah istilah "BUG" dalam dunia komputer dimana sekitar tahun 1945, komputer yang digunakan oleh pihak militer Amerika tidak berfungsi dengan baik. Setelah dilakukan pengecekan pada komputer tersebut, ternyata ditemukan serangga yang tersangkut pada salah satu bagian hardware komputer. Setelah serangga tersebut dikeluarkan, komputer pun berfungsi dengan baik kembali.

Dalam dunia pemprograman, istilah "BUG" lekat dengan istilah debugging atau suatu proses dalam menghilangkan "BUG" dalam suatu program. Ada satu insiden "BUG" yang paling terkenal dalam dunia komputer, yaitu insiden Y2K. Insiden Y2K ini terjadi menjelang pergantian tahun 2000, dimana insiden ini terjadi karena kebiasaan para programmer di era 1980 yang menyimpan tahun dalam format 2 angka. Hal ini tentunya menimbulkan masalah ketika dunia akan memasuki tahun 2000. Hal ini memunculkan ketakutan bahwa format tahun 2000 akan diinterpretasikan sebagai tahun 1900.

Kini istilah "BUG" dalam dunia programmer bukan hanya kutu atau serangga dalam arti sebenarnya seperti yang terjadi pada komputer militer Amerika serikat pada tahun '45an. Tapi menjadi istilah yang kini kita kenal dengan istilah "BUG" yang menyebabkan suatu program tidak berjalan dengan normal,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar